Jumat, 25 Januari 2013

KURIKULUM



Sekolah memiliki dokumen kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang memuat komponen yang dipersyaratkan dan telah disyahkan oleh Dinas Pendidikan. Penyusunan KTSP dilakukan secara mandiri dengan membentuk Tim Penyusun KTSP. Komponen KTSP memuat tentang Visi, Misi, Tujuan, dan Struktur. KTSP dilengkapi dengan Silabus yang penyusunannya melibatkan seluruh guru di Satuan Pendidikan SD Negeri 2 Nusa Serasan.

Adapun Aspek Indikatornya adalah sebagai berikut :
1. Memiliki Dokumen Kurikulum.
a. Dokumen KTSP yang di sahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan.
b. KTSP disusun dengan memperhatikan acuan operasional yang mencakup:

*) Agama.
*) Peningkatan Iman dan Taqwa serta akhlak mulia.
*) Persatuan Nasional dan nilai kebangsaan.
*) Tuntutan pembangunan daerah dan Nasional.
*) Peningkatan Potensi, kecerdasan dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik.
*) Keragaman potensi dan karakteristik lingkungan.
*) Dinamika perkembangan global.
*) Tuntutan Dunia Kerja.
*) Kondisi Sosial Budaya Masyarakat.
*) Kesetaraan jender.
*) Karakteristik Satuan Pendidikan.
c. Proses Penyusunan Dokumen.
*) Membentuk Tim Penyusun KTSP.
*) Menyusun Program dan Jadwal Kerja Tim Penyusun KTSP yang termasuk penyusun Draf, reviu, revisi, finalisasi, pemantapan dan penilaian keterlaksanaan KTSP.
*) Menganalisis konteks dan menyusun hasil analisis berupa :
- SI, SK dan KD sebagai acuan dalam menjabarkan menjadi
Indikator, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Bahan Penilaian, dan Bahan/Media Pembelajaran.
- Analisis Kondisi Satuan Pendidikan.
*) Menganalisis Peluang dan Tantangan.

2. Komponen KTSP memuat :
a. Visi, Misi, Tujuan Pendidikan dan Strategi yang mencerminkan upaya untuk mencapai hasil belajar peserta didik yang berkualitas.
b. Struktur dan Muatan KTSP yang mencakup :
*) Mata Pelajaran dan Alokasi waktu berpedoman pada struktur Kurikulum yang tercantum dalam Standar Isi.
*) Program Muatan Lokal (mencakup Jenis Program dan Strategi Pelaksanaan).
*) Kegiatan Pengembangan diri ( Mencakup jenis program dan Strategi pelaksanaan )
*) Pengaturan beban Belajar.
*) Ketuntasan Belajar.
*) Kenaikan kelas dan kelulusan.
*) Mutasi Peserta didik
*) Pendidikan Kecakapan Hidup.
*) Pendidikan berbasis keunggulan Lokal dan Global.

3. Penyusunan Silabus.
a. Disusun / dikembangkan secara mandiri dengan melibatkan seluruh guru di SD Negeri 2 Nusa Serasan
b. Silabus disusun dan dikembangkan melalui proses penjabaran SK dan KD menjadi Indikator, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Jenis Penilaian.
c. Mencakup seluruh mata pelajaran.
d. Memanfaatkan berbagai panduan dan contoh silabus yang dikembangkan oleh Pusat sebagai referensi dalam penyusunan Silabus di SD Negeri 2 Nusa Serasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar